SEMUA tentang WakTu

Pada akhirnya...
semua
akan jadi masa lalu,

kemarin, hari ini, esok atau lusa.

Wednesday, February 10, 2010

Siomay Ebi and Ketoprak Tofu ala Chef Gatot...

Note ini ditulis atas request mbak Widya, yang percaya pada kemampuan mengingatku, kalo ada yg kelupaan, silakan tanya langsung ke chef-nya..

Sebelum mengcopy resepnya, anda saya paksa membaca dongengan saya terlebih dahulu. Terinspirasi dari grup band Tani Maju asal Malang yang menyanyikan tentang lagu yang isinya bahwa semua kata ada singkatannya. Siomay itu dalam bahasa Jepang terdiri dari gabungan kata Shio dan Amai =Shiomai. Shio berarti garam, amai berarti manis jadi shiomai berarti asin dan manis (maksa deh..), sedangkan ketoprak berasal dari ke, top dan rak, ke berarti menuju, top berarti puncak dan rak berarti rak (ga ada ide nyari kata penggantinya), jadi ketoprak berarti menuju ke puncak rak.. (lebih maksa lagi, hohoho m(_ _)m).

Oia, Ebi dalam bhs Jepang berarti udang, Tofu ya tahu lah, masa itu aja gak tahu....:)

Inilah resepnya.....

Siomay Ebi
Bahan siomaynya: udang, garam, gula, merica, penyedap rasa, telor, campur semuanya lalu blender sampai halus. Tambahkan tepung maizena dan bawang daun. (Maaf, kami tidak memberikan informasi tentang komposisi, silakan mengira-ngira sendiri sesuai kesukaan anda, kunci-nya, gula harus lebih banyak daripada garam) Hehe, ini ga niat ngasi resep apa kagak inget... :).. Kemudian kukus adonan, bentuk sesuai kesukaan anda.

Bahan kuah siomay: keyword-nya adalah kacang tanah, blender kacang tanah yang udah mateng+air, cabe, gula dan garam secukupnya. Kemudian tambahkan kecap manis.


Ketoprak Tahu,
Kuah-nya kayaknya sama deh sama kuah siomay....
Bahan lainnya, tahu di goreng, selada, bihun, taoge, dan mentimun. Taburin kuahnya... Oia, jangan lupa merebus sebentar bihun dan taogenya. Selada-nya dipotong kecil2 ya...

Silakan bereksperimen, kalo tidak berhasil jangan salahkan saya, I'm not the Chef, :)


Ube, Okafuji Apato, 06022010

No comments: